• SMP Ahmad Dahlan Boarding School
  • 082244631808
  • smpahmaddahlan.adbs@gmail.com

BERITA

  • Study Tour MGMP IPS Kabupaten Sukoharjo

    Study Tour MGMP IPS Kabupaten Sukoharjo

    Acara MGMP IPS Kabupaten Sukoharjo kali ini dilaksanakan berbeda dengan musyawarah seperti biasanya. Jika biasanya acara dilaksanakan di sebuah ruangan dengan membahas berbagai permasalahan atau masukan dari berbagai anggota, kali ini, 2 Februari 2017 acara MGMP dikemas dalam bentuk wisata. Acara ini diikuti oleh kurang lebih 160 peserta yang terdiri dari guru IPS SMP se Sukoharjo, baik negri maupun swasta.

    Acara dimulai pukul 07.00 WIB di Pendopo Kelurahan Bulakrejo. Acara pertama yaitu presensi dan briefing dari panitia, dilanjutkan pemberangkatan menuju ke Parangtritis Geomaritime Science Park. Alunan musik tahun 70-an menjadi teman perjalanan kami. Lagu tembang kenangan yang secara tidak langsung telah menyihir para peserta yang sebagian besar adalah ibu-ibu, membawa mereka menyelami masa-masa mudanya. Semua terhanyut dalam nostalgia hingga tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 10.30 dan sampailah kami di Parangtritis Geomaritime Science Park. Rombongan kami disambut oleh para petugas yang ramah dan penuh senyum. Selanjutnya kami dikumpulkan di aula untuk menerima presentasi dan melihat video mengenai geospasial, khususnya di areal Bantul. Setelah itu kami diajak berkeliling menuju ke lorong pengetahuan yang menyimpan banyak hal, tentunya seputar pantai dan yang berhubungan dengannya.

    Ada banyak pengetahuan yang dapat diperoleh disini, diantaranya mengenai kenampakan alam Gumuk Pasir (Sand Dunes) yang berada di sekitar Parangtritis. Gumuk pasir ini merupakan satu-satunya gumuk pasir yang berada di Indonesia. Gumuk pasir ini merupakan material dari gunung Merapi yang terbawa angin dan berkumpul membentuk sebuah gumuk.

    Cuaca siang itu mendukung untuk berkeliling di luar ruangan, mendung, tetapi kami masih bisa menikmati eloknya langit Bantul. Setelah puas berkeliling di sekitar Parangtritis Geomaritime Science Park, kami melaksanakan sholat dan sekitar pukul 13.00 WIB kami melanjutkan perjalanan ke Pantai Depok. Tak perlu memakan waktu lama untuk sampai di Pantai Depok, karena lokasinya yang berdekatan dengan  Parangtritis Geomaritime Science Park. Sesampai disana kami disambut dengan aroma makanan laut yang begitu menggoda. Siang itu, kami menikmati makan siang dengan ditemani suara debur ombak. Saat itu baru saja terjadi banjir, sehingga warna air laut terpisah menjadi dua, warna coklat dan biru, sebuah pemandangan yang jarang dilihat di pantai.

    Usai santap siang, kami berkumpul untuk membahas beberapa hal penting, diantaranya yaitu pada tahun 2017 ini mata pelajaran IPS diikutkan dalam USBN. Pukul  15.00 kami melanjutkan perjalanan menuju Pantai Parangtritis, dan di sepanjang perjalanan kami dapat menikmati indahnya hamparan Gurun Pasir dari dalam bus. Kami sampai di Parangtritis sekitar pukul 15.30 WIB. Betapa kagetnya kami ketika sampai disana, dan kami disambut oleh ribuan sampah yang berserakan di pesisir pantai. Sampah-sampah itu berasal dari banjir atau luapan Sungai Opak. Disini kami mendapatkan pelajaran yang amat berharga, mengenai pentingnya menjaga lingkungan sekitar kita. Lingkungan yang tercemar bukan hanya merusak pemandangan, akan tetapi dampak yang lebih berbahaya lagi adalah dapat menimbulkan penyakit, menurunkan minat wisata masyarakat domestik maupun asing, serta merusak tatanan alam.

    Usai dari Parangtritis kami melanjutkan pejalanan ke Kasongan. Disana kami melihat berbagai macam hasil kerajinan dari keramik maupun gerabah. Tidak sedikit diantara kami yang rela merogoh kantong cukup dalam untuk membawa pulang aneka benda unik untuk dijadikan hiasan di rumahnya. Objek terakhir dari kunjungan kami adalah Masjid Agung Al-Aqso yang berada di Klaten. Cahaya dari masjid megah ini mampu menyulap Klaten menjadi bersinar. Banyak dari kami yang terpesona dengan keindahan dan kemegahan masjid ini, namun ada hal yang lebih dalam dari itu semua, tentang apa yang berada dan dilakukan di dalamnya. Seperti yang dikatakan, bahwa dari masjid kejayaan bermula.

    Perjalanan MGMP hari ini ditutup di depan RS Nirmala Suri pukul 21.00 WIB. Lelah yang kami rasakan ini tak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan kebahagiaan yang kami rasakan. Kami begitu menikmati perjalanan hari ini. Silaturahim, yang tentunya semakin menambah pertemanan dan kedekatan diantara para guru IPS. Inilah yang diharapkan dari acara ini, dengan semakin eratnya persaudaraan diantara para guru IPS se-Sukoharjo, diharapkan ke depannya bisa menjadikan kerja sama yang baik.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks